Memulai Bisnis Online Dengan Affiliate Marketing - WendraPranoto.com | Belajar Bisnis Online
affiliate-marketing

Memulai Bisnis Online Dengan Affiliate Marketing

Pada dasarnya affiliate marketing merupakan model bisnis penjualan berbasis komisi. Affiliate marketing adalah bisnis perantara dengan mendapatkan imbalan berupa komisi.

Tugas dari perantara adalah mencari pembeli dan membawanya ke pemilik produk atau toko online dari produk tersebut. Setelah terjadi transaksi, maka perantara akan mendapatkan komisi yang besarnya sesuai dengan kesepakatan awal dengan pemilik produk. Biasanya komisi yang ditawarkan cukup besar, ada yang 50%-50% atau bahkan 70%-30%.

Iming-iming pendapatan dari affiliate marketing tidak dapat disangkal. Siapa yang bisa menolak pendapatan pasif?

Tetapi untuk membuat penghasilan pasif itu terjadi, Anda harus bekerja terlebih dahulu.

Untuk berhasil dalam affiliate marketing, ada sejumlah langkah penting yang harus Anda lakukan sebelum Anda mendapatkan keuntungan pertama dari program afiliasi, dan langkah-langkah ini tidak pasif.

Kabar baiknya adalah jika Anda bertekad untuk berhasil di bisnis ini dan bersedia meluangkan waktu dan upaya, Anda sudah berada di jalur yang benar menuju kesuksesan affiliate marketing.

Semua pekerjaan yang Anda lakukan adalah untuk membantu Anda mendapatkan penjualan affiliate marketing pertama Anda. Penjualan pertama akan selalu memotivasi Anda dan membuat Anda terus melakukannya.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan untuk memulai?

Untuk memulainya, Anda bisa mendaftar sebagai affiliate marketer dari sebuah Vendor Produk (merchant) untuk mendapatkan ID afiliasi. Merchant ini bisa berupa suatu perusahaan maupun suatu individu.

Selanjutnya anda akan mendapatkan sebuah Link Afiliasi yang berisi link URL alamat website milik si pemilik produk, dan pada link tersebut sudah mengandung suatu kode khusus ID Afiliasi anda. Kemudian ketika Anda mempromosikan link tersebut, dan ada orang yang melakukan klik melalui link Anda lalu melakukan transaksi, maka anda akan mendapatkan komisi.

Contoh beberapa merchant afiliasi dalam bentuk perusahaan antara lain:
RATAKAN.COM, AMAZON.COM, CLICKBANK.COM, JVZOO.COM, LAZADA.CO.ID, dl.

Affiliate marketing merupakan model bisnis online yang cukup mudah untuk dijalankan terutama bagi pemula. Affiliate marketing banyak peminatnya karena bisa mendatangkan passive income.

Passive income atau penghasilan pasif akan bisa Anda nikmati setelah memiliki website afiliasi. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengirim traffic pengunjung melalui link afiliasi anda ke website pemilik produk. Dan dengan sistem affiliate marketing ini, si pemilik produk atau  jasa akan menangani pemesanan secara langsung.

Singkatnya, langkah-langkah menjadi affiliate marketer adalah sebagai berikut :

  1. Tentukan produk yang akan anda pasarkan. Kenali dengan mendetail produk tersebut.
  2. Daftarkan diri anda sebagai affiliate marketer
  3. Buatlah website afiliasi
  4. Promosikan link afiliasi anda
  5. Promosikan produk

 

Berikut ini beberapa kiat sukses di bisnis Affliate Marketing:

  1. Buat website khusus untuk promosi produk afiliasi

Untuk affiliate marketing sebenarnya tidak harus membuat website. Biasanya anda sudah dibekali landing page. Tinggal anda promosikan link afiliasi anda.

Jika anda ingin optimal anda bisa membuat link khusus produk afiliasi, gunanya menangkap target market yang lebih spesifik. Dan anda tampil lebih professional.

  1. Bagikan Produk Gratis

Biasanya produk gratis berupa ebook. Anda bisa membuat dan membagikan produk gratis kepada pengunjung website anda. Gunanya untuk membangun list building dan menyisipkan link afiliasi anda di ebook gratis tersebut. Pilihlah Produk Gratis yang terkait dengan produk afiliasi anda.

  1. Mendatangkan Trafik Tertarget

Inilah tugas anda mendatangkan trafik. Buatlah konten-konten yang berkualitas di website anda. Terutama yang masih berkaitan dengan produk afiliasi anda. Sehingga pengunjung yang datang benar-benar tertarik membeli produk yang anda tawarkan.

  1. Review Produk

Tulislah artikel berupa ulasan produk afiliasi yang anda tawarkan. Sisipkan link afiliasi anda didalamnya. Tulislah secara jujur kelebihan dan kekurangan dari produk yang anda tawarkan. Sehingga calon customer anda bisa menimbang dan memutuskan untuk membeli atau tidak.

Previous Post
strategi seo
Bisnis Online

Strategi SEO untuk Bisnis Online

Next Post
reseller-dropship
Bisnis Online

Reseller Atau Dropship?